SMKN 1 Air Joman Asahan Terapkan Konsep Tri Sentra Pendidikan

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Air Joman Kabupaten Asahan menerapkan konsep Tri Sentra Pendidikan untuk meningkatkan prestasi. Konsep tersebut upaya efektif membentuk karakter anak.
Hal itu dikatakan Kepala SMKN 1 Air Joman Ardi Aliansyah kepada SIB, Selasa (3/9). Dijelaskan Ardi, Tri Sentra Pendidikan bertujuan terwujudnya komunikasi yang baik antara sekolah, satuan pendidikan, orang tua siswa dan masyarakat. Konsep ini menyiratkan pesan keberhasilan pendidikan bisa dicapai bila terjadi kolaborasi dan kemitraan yang baik antar tiga unsur terkait.
Dengan kata lain, lanjutnya, prestasi dan keberhasilan yang diraih siswa dalam pendidikan, sangat dipengaruhi peran dan keharmonisan masing-masing unsur demi membentuk ekosistem pendidikan yang kondusif. Di Kabupaten Asahan, sebutnya, ada 3 sekolah yang menerapkan Tri Sentra Pendidikan yakni SMAN 1 Kisaran, SMAN 2 Kisaran dan SMKN 1 Air Joman.
“Bagi sekolah kami penerapan konsep ini berhasil meraih prestasi dan berdampak terhadap animo masyarakat mendaftarkan anaknya begitu tinggi. Tri Sentra Pendidikan mempunyai harapan mewujudkan generasi emas Indonesia 2045,” ujarnya.
Dukung Sumut BermartabatSMKN 1 Air Joman terus berbenah dalam membentuk karakter anak didiknya guna mewujudkan generasi mumpuni di setiap program kejuruan. Hal itu dilakukan sebagai tindakan mendukung visi dan misi Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara yakni ” Terwujudnya Sumut Bermartabat “.
Ketua Komite SMKN 1 Air Joman H Mulia Darma Sakti kepada SIB memastikan pihaknya terus memantau sekolah tersebut. Dia memuji Kepala SMKN 1 Air Joman beserta guru lainnya yang terus berbenah guna meningkatkan mutu pendidikan mulai dari kebersihan hingga disiplin dalam proses belajar mengajar.
“Syukur alhamdulilah, pembenahan itu mendongkrak pendaftaran siswa baru yang setiap tahunnya meningkat,” ujarnya.
SMKN 1 Air Joman, katanya, telah memiliki ruang praktek yang terdiri dari bengkel teknik las lengkap dengan alatnya, bengkel teknik sepedamotor (telah bekerjasama dengan PT Indako), bengkel teknik kendaraan ringan (bekerjasama PT Auto 2000) dan laboratorium rekayasa perangkat lunak/komputer.
Menyangkut komputer, SMKN 1 Air Joman merupakan sekolah yang telah melaksanakan UNBK mandiri di tahun 2017, 2018 dan 2019. Selain itu, lanjut Mulia, SMKN 1 Air Joman meraih prestasi Sekolah Adiwiyata tingkat kabupaten di tahun 2015 dan tingkat provinsi tahun 2016.
“Saya menjadi ketua komite sejak sekolah ini dibangun. Sekolah ini terus berbenah dan di bawah kepemipinan Bapak Ardi, peningkatan itu begitu terasa dengan raihan sejumlah prestasi,” pungkasnya. (A02/c)

Previous Article
Next Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *